Buku Kurikulum 2013 Revisi Terbaru dan Terlengkap Tahun 2019 Masih ingat definis TEP 1994 yang mana pada sebelumnya teknologi pendidikan berubah jadi teknologi pembelajaran pada TEP 1994 apa sih beda teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran? sebagai berikut:
Perbedaan DEFINISI
TEP 1977
Teknologi Pendidikan adalah proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana, dan organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai, dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar pada manusia
TEP 1994
Teknologi Pembelajaran adalah ; Teori dan praktek dalam desain pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian proses dan sumber untuk belajar.
Perbedaan DEFINISI
TEP 1977
Teknologi Pendidikan adalah proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana, dan organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai, dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar pada manusia
TEP 1994
Teknologi Pembelajaran adalah ; Teori dan praktek dalam desain pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian proses dan sumber untuk belajar.
TP 2008
Teknologi pendidikan adalah teori dan praktek ilmiah dalam memfasilitasi atau memudahkan belajar dan meningkatkan prestasi dengan cara membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang tepat. Educational Technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using, and managing appropriate technological process and re
Teknologi pendidikan adalah teori dan praktek ilmiah dalam memfasilitasi atau memudahkan belajar dan meningkatkan prestasi dengan cara membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang tepat. Educational Technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using, and managing appropriate technological process and re
Buku Kurikulum 2013 Revisi Terbaru dan Terlengkap Tahun 2019 Teknologi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran
B
Pemahaman pada teknologi pembelajaran (media pembelajaran dan sumber belajar) perlu ditegaskan untuk menjadi pengantar pada kajian tentang kawasan teknologi pendidikan. Dengan memahami media pembelajaran dan sumber belajar sebagai istilah-istilah yang lazim digunakan dalam dunia teknologi pembelajaran, pemahaman tentang teknologi pendidikan akan menjadi semakin menjadi semakin distingtif.
Alat-alat peraga, LCD, laptop adalah media pembelajaran. Semenatara materi bacaan, teks dari koran, majalah, buku atau internet atau film atau fenomena di alam dan lingkungan masyarakat bisa mejadi sumber belajar.
baca juga
- RPP Kelas 1 SD
Kiranya menyamakan teknologi pendidikan dengan media pembelajaran dan sumber pembelajaran adalah cara bernalar yang kurang tepat dan hanya akan mempersempit kajian teknologi pendidikan. Namun memaknai media pembelajaran dan sumber belajar sebagai bagian dari teknologi pendidikan adalah logika yang bisa diterima.
Teknologi sebagai istilah yang memiliki ruang pemaknaan pada kajian, bahasan, ilmu (logos) tentang teknik, piranti, instrume, metode meniscayakanya menjadi istilah dengan fleksibilitas yang tinggi. Kajian-kaijan tentang kemampuan manusia merekayasa juga bisa dirangkum dengan istilah ini. Faktanya, kemampuan teknologis itu juga didapat manusia dari pendidikan. Istimewanya pendidikan modern saat ini sangat membuka diri pada perkembangan teknologi.
Dengan demikian teknologi pendidikan memiliki dua arus ketegangan yang saling mempengaruhi. Dalam istilah Sukmadinata, kurikulum teknologis mengandaikan pendidikan yang sangat berkepentingan dengan kompetensi teknologi.[1]
Teknologi pendidikan sebagai objek kajian untuk pengembangan ilmu pendidikan lebih menekankan pada sejauh mana perkembangan teknologi dibutuhkan untuk pengembangan pendidikan atau sejauh mana pendidikan membutuhkan kehadiran atau peran teknologi untuk mengekfektifkan kerjanya.
Dengan demikian, kajian tentang teknologi pendidikan bukanlah cetak biru yang pasti. Konsep tentang teknologi pendidikan berkembang dinamis seiring dengan perkembangan pendidikan, ilmu, teknologi berikut pendekatan isi, teori, makna, materi pendidikan. Dari zaman ke zaman selalu terbuka pergeseran konsep teknologi pendidikan seiring dengan pergerseran paradigm yang dianut umat manusia terhadap perkembangan ilmu pengertahuan, teknologi dan pendidikan
Referensi
https://www.rangkumanmakalah.com/perbedaan-teknologi-pendidikan-dan-teknologi-pembelajaran/
[1] Nana Saodhih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori da Praktik (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2013), 3-97.
[2] S. K Mangal and Uma Mangal, Essensials of Educational Technology (New Delhi: PHI Learning Private Limited, 2009), 2
Selengkapnya silahkan DOWNLOAD
Selengkapnya silahkan DOWNLOAD
Posting Komentar