Pengertian maupun secara definisi TEP 1977,1994 maupun 2008 AECT, baik secara definisi maupun domain patut kita cermati, akan perkembangan teknologi pendidikan dari masa ke masa sesuai tuntutan pada jaman nya, paradigma 1977.1994 maupun 2008 sebagai berikut.
Konsep teknologi pendidikan mengalami perkembangan bersamaan dengan bidangbidangnya, ini tidak lepas dari perkembangan manusia yang semakin maju dan tuntutan akan ilmu pengetahuan yang semakin tinggi. Konsep teknologi pendidikan yang pada awal kemunculannya, tahun 1977, secara pasti menenkankan bahwa teknogi pendidikan dapat dipandang sebagai konsep teori, bidang garapan, dan profesi.
Pada definisi kedua, yaitu tahun 1994, teknologi pendidikan menekankan bahwa teknologi pendidikan merupakan teori dan praktek dalam merancang, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola, dan menilai suatu proses dan sumber belajar. Kedua konsep tersebut mempunyai penekanan khusus sesuai dengan keadaan dan pemahaman para ilmuan dizamannya. Konsep teknologi pendidikan pada saat ini, yaitu tahun 2008, dapat dibagi sebagai konsep abstrak atau sebagai bidang latihan.
Pertama, definisi teknologi pendidikan sebagai konsep adalah: Teknologi pendidikan adalah teori dan praktek ilmiah dalam memfasilitasi atau memudahkan belajar dan meningkatkan prestasi dengan cara membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang tepat.
Educational Technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using, and managing appropriate technological process and resources
Perbedaan DEFINISI
TEP 1977
Teknologi Pendidikan adalah proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana, dan organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai, dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar pada manusia
TEP 1994
Teknologi Pembelajaran adalah ; Teori dan praktek dalam desain pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian proses dan sumber untuk belajar.
TP 2008
Teknologi pendidikan adalah teori dan praktek ilmiah dalam memfasilitasi atau memudahkan belajar dan meningkatkan prestasi dengan cara membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang tepat. Educational Technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using, and managing appropriate technological process and resources
Simpulan
Dari definisi teknologi pendidikan ketiga konsep pada tahun yang berbeda, yang paling mencolok teknologi pendidikan pada TEP 1994 menjadi teknologi pembelajaran, hal yang paling vital dari perubahan ketiga konsep definisi tersbut nampak terjadi perkembangan dengan bidang-bidang nya yang cukup signifikan, hal ini sangat mungkin terjadi akibat perkembangan zaman manusia semakin maju pada berbagai bidang dan tuntutan ilmu pengetahuan yang semakin meningkat
Perbedaan DOMAIN
TEP 1977
Kawasan TEP 1977
Fungsi Pengelolaan Pendidikan
Fungsi Pengembangan Pendidikan
Sumber Belajar
Siswa
TEP 1994
Teori dan praktek ; desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian; proses dan sumber; untuk keperluan belajar
TP 2008
Teori, Praktek Ilmiah, Memfasilitasi, Belajar, Meningkatkan, Prestasi, Penciptaan, Penggunaan, Pengelolaan, Ketepatan, Teknologi, Proses, Sumber
Simpulan
Domain 1977, secara pasti menekankan bahwa teknologi pendidikan dapat dipandang sebagai konsep teori, bidang garapan, dan profesi. Pada bidang garapan tak ada spesifikasi khusus
Domain 1994, teknologi pembelajaran dirumuskan berlandaskan lima bidang garapan dari Teknologi Pembelajaran Desain, Pengembangan, Pemanfaatan, Pengelolaan dan Penilaian
Domain 2008 sudah lebih spesifik karena menekankan pada studi & etika praktek.
Domain penilaian ada 1994, pada 2008 tidak mencakup untuk penilaian.
Secara singkat dapat dikatakan bahwa definisi 2008 sudah mencakup aspek etika dalam profesi, peran sebagai, dan pemanfaatan proses dan sumber daya teknologi.
Konsep teknologi pendidikan mengalami perkembangan bersamaan dengan bidangbidangnya, ini tidak lepas dari perkembangan manusia yang semakin maju dan tuntutan akan ilmu pengetahuan yang semakin tinggi. Konsep teknologi pendidikan yang pada awal kemunculannya, tahun 1977, secara pasti menenkankan bahwa teknogi pendidikan dapat dipandang sebagai konsep teori, bidang garapan, dan profesi.
Pada definisi kedua, yaitu tahun 1994, teknologi pendidikan menekankan bahwa teknologi pendidikan merupakan teori dan praktek dalam merancang, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola, dan menilai suatu proses dan sumber belajar. Kedua konsep tersebut mempunyai penekanan khusus sesuai dengan keadaan dan pemahaman para ilmuan dizamannya. Konsep teknologi pendidikan pada saat ini, yaitu tahun 2008, dapat dibagi sebagai konsep abstrak atau sebagai bidang latihan.
Pertama, definisi teknologi pendidikan sebagai konsep adalah: Teknologi pendidikan adalah teori dan praktek ilmiah dalam memfasilitasi atau memudahkan belajar dan meningkatkan prestasi dengan cara membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang tepat.
Educational Technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using, and managing appropriate technological process and resources
Perbedaan DEFINISI
TEP 1977
Teknologi Pendidikan adalah proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana, dan organisasi untuk menganalisis masalah dan merancang, melaksanakan, menilai, dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar pada manusia
TEP 1994
Teknologi Pembelajaran adalah ; Teori dan praktek dalam desain pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian proses dan sumber untuk belajar.
TP 2008
Teknologi pendidikan adalah teori dan praktek ilmiah dalam memfasilitasi atau memudahkan belajar dan meningkatkan prestasi dengan cara membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang tepat. Educational Technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using, and managing appropriate technological process and resources
Simpulan
Dari definisi teknologi pendidikan ketiga konsep pada tahun yang berbeda, yang paling mencolok teknologi pendidikan pada TEP 1994 menjadi teknologi pembelajaran, hal yang paling vital dari perubahan ketiga konsep definisi tersbut nampak terjadi perkembangan dengan bidang-bidang nya yang cukup signifikan, hal ini sangat mungkin terjadi akibat perkembangan zaman manusia semakin maju pada berbagai bidang dan tuntutan ilmu pengetahuan yang semakin meningkat
Perbedaan DOMAIN
TEP 1977
Kawasan TEP 1977
Fungsi Pengelolaan Pendidikan
Fungsi Pengembangan Pendidikan
Sumber Belajar
Siswa
TEP 1994
Teori dan praktek ; desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian; proses dan sumber; untuk keperluan belajar
TP 2008
Teori, Praktek Ilmiah, Memfasilitasi, Belajar, Meningkatkan, Prestasi, Penciptaan, Penggunaan, Pengelolaan, Ketepatan, Teknologi, Proses, Sumber
Simpulan
Domain 1977, secara pasti menekankan bahwa teknologi pendidikan dapat dipandang sebagai konsep teori, bidang garapan, dan profesi. Pada bidang garapan tak ada spesifikasi khusus
Domain 1994, teknologi pembelajaran dirumuskan berlandaskan lima bidang garapan dari Teknologi Pembelajaran Desain, Pengembangan, Pemanfaatan, Pengelolaan dan Penilaian
Domain 2008 sudah lebih spesifik karena menekankan pada studi & etika praktek.
Domain penilaian ada 1994, pada 2008 tidak mencakup untuk penilaian.
Secara singkat dapat dikatakan bahwa definisi 2008 sudah mencakup aspek etika dalam profesi, peran sebagai, dan pemanfaatan proses dan sumber daya teknologi.
Posting Komentar